Limfoma adalah kanker pada sistem limfatik, yang merupakan bagian dari jaringan yang melawan kuman tubuh. Limfoma adalah kanker yang dimulai pada sel-sel yang melawan infeksi dari sistem kekebalan tubuh, yang disebut limfosit. Sel-sel ini berada di kelenjar getah bening, limpa, timus, sumsum tulang, dan bagian tubuh lainnya. Ketika Anda menderita limfoma, limfosit berubah dan tumbuh di luar kendali dan ini menjadi salah satu gejala limfoma.

Sistem limfatik meliputi kelenjar getah bening (kelenjar getah bening), limpa, kelenjar timus dan sumsum tulang. Limfoma dapat mempengaruhi semua area tersebut serta organ-organ lain di seluruh tubuh.

Ada dua jenis utama limfoma, yaitu :

– Non-Hodgkin: Kebanyakan orang dengan limfoma memiliki tipe ini.

Hodgkin

– Limfoma non-Hodgkin dan Hodgkin melibatkan berbagai jenis sel limfosit. Setiap jenis limfoma tumbuh pada tingkat yang berbeda dan merespon berbeda terhadap pengobatan.

Limfoma sangat bisa diobati, dan pandangannya dapat bervariasi tergantung pada jenis limfoma dan stadiumnya. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan perawatan yang tepat untuk jenis dan tahap penyakit Anda. Limfoma berbeda dengan leukemia. Masing-masing kanker ini dimulai pada jenis sel yang berbeda. Limfoma dimulai pada limfosit yang melawan infeksi. Sedangkan leukemia dimulai pada sel pembentuk darah di dalam sumsum tulang.

Perawatan limfoma apa yang terbaik untuk Anda tergantung pada jenis limfoma dan tingkat keparahannya. Perawatan limfoma mungkin melibatkan kemoterapi, obat-obatan imunoterapi, terapi radiasi, transplantasi sumsum tulang atau kombinasi dari semuanya ini.

Jenis – jenis limfoma :

– Leukemia limfositik kronis

– Limfoma sel B kulit

– Limfoma sel T kulit

– Limfoma Hodgkin (Penyakit Hodgkin)

– Limfoma non-Hodgkin

– Waldenstrom macroglobulinemia

Gejala Limfoma

Tanda dan gejala limfoma dapat meliputi:

– Pembengkakan kelenjar getah bening tanpa rasa sakit di leher, ketiak atau selangkangan Anda

– Kelelahan terus-menerus

– Demam

– Berkeringat di malam hari

– Sesak napas

– Penurunan berat badan secara drastis

– Kulit yang gatal

Kapan harus ke dokter ?

Buat janji dengan dokter jika Anda memiliki tanda atau gejala terus-menerus yang mengkhawatirkan Anda. Limfoma adalah kanker pada sistem limfatik, yang merupakan bagian dari jaringan melawan kuman tubuh. Sistem limfatik meliputi kelenjar getah bening (kelenjar getah bening), limpa, kelenjar timus dan sumsum tulang. Limfoma dapat mempengaruhi semua area tersebut serta organ-organ lain di seluruh tubuh.

Apa penyebab limfoma?

Kanker adalah hasil dari pertumbuhan sel yang tidak terkendali. Umur rata-rata sel adalah singkat, dan kemudian sel mati. Pada orang dengan limfoma, sel berkembang dan menyebar bukannya mati. Tidak jelas apa yang menyebabkan limfoma, tetapi sejumlah faktor risiko terkait dengan kanker ini.

Bagaimana limfoma didiagnosis?

Biopsi biasanya dilakukan jika dokter mencurigai limfoma. Ini melibatkan pengangkatan sel-sel dari kelenjar getah bening yang membesar. Seorang dokter yang dikenal sebagai hematopatologi akan memeriksa sel-sel untuk menentukan apakah ada sel limfoma dan jenis selnya.

Jika ahli hematologi mendeteksi sel limfoma, pengujian lebih lanjut dapat mengidentifikasi seberapa jauh kanker telah menyebar. Tes-tes ini dapat termasuk sinar-X dada, tes darah, atau pengujian kelenjar getah bening atau jaringan terdekat. Pemindaian pencitraan, seperti pemindaian tomografi komputer (CT) atau pemindaian resonansi magnetik (MRI) juga dapat mengidentifikasi tumor tambahan atau pembesaran kelenjar getah bening.

Tahapan limfoma

Limfoma NHL dan Hodgkin dapat diklasifikasikan menjadi empat tahap. Keadaan limfoma ditentukan oleh di mana kanker berada dan seberapa jauh kanker tersebut telah atau belum menyebar. Berikut tahapan limfoma :

Tahap 1. Kanker adalah dalam satu kelenjar getah bening atau satu organ mengutip.

Tahap 2. Kanker berada di dua kelenjar getah bening yang berdekatan satu sama lain dan di sisi tubuh yang sama, atau kanker berada di satu organ dan di dekat kelenjar getah bening.

Tahap 3. Pada titik ini, kanker berada di kelenjar getah bening di kedua sisi tubuh dan di beberapa kelenjar getah bening.

Tahap 4. Kanker bisa di organ dan menyebar di luar kelenjar getah bening di dekatnya. Saat NHL berlangsung, ia mungkin mulai menyebar. Situs yang paling umum untuk NHL lanjut termasuk hati, sumsum tulang, dan paru-paru. Sementara limfoma tahap 4 sudah lanjut, masih bisa diobati